Friday, July 2, 2010

Tingkat kecemasan (ansietas) menurut Stuart dan Sundeen (1998)

1) Ansietas ringan
Berhubungan dngan ketegangan dalam kehidupan sehari-hari dan menyebabkan seseorang menjadi waspada dan meningkatkan lahan persepsinya. Ansietas dapat memotivasi belajar dan menghasilkan pertumbuhan dan kreativitas.
2) Ansietas sedang
Memungkinkan seseorang untuk memusatkan pada hal-hal yang penting dan menesampingkan yang lain. Sehingga seseorang mengalami perhatian yang selektif namun dapat melakukan sesuatu yang lebih terarah.
3) Ansietas berat
Sangat mengurangi lahan persepsi seseorang. Seseorang cenderung untuk memusatkan pada sesuatu yang terinci dan spesifik dan tidak dapat berfikir tentang hal yang lain. Semua perilaku ditujukan untuk mengurangi ketegangan. Orang tersebut memerlukan banyak pengarahan untuk dapat memusatkan pada suatu area yang lain.
4) Panik dari ansietasa
Berhubungan dengan ketakutan dan error. Karena mengalami kehilangan kendali, orang yang mengalami panik tidak mampu melakukan sesuatu walaupun dengan pengalaman. Terjadi peningkatan motorik, menurunnya kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain, persepsi yang menyimpang, dan kehilanagn pemikiran yang rasional.

No comments:

Post a Comment