Friday, July 2, 2010

e. Kecemasan Dalam Masa Pubertas

Menurut Psikologi Remaja, (2006) Kecemasan pada masa pubertas umumnya berkaitan juga dengan banyaknya problem yang dihadapinya. Problem itu antara lain: problem penyesuain diri, problem mengenai kesehatan, problem mengenai pribadi, problem mengenai status sosial , perubahann organ dan moralitas. Kecemasn –kecemasn yang sering dialami anak sehubungan dengan adanya perubahan- perubahan yang dialaminya adalah :
1) Cemas kalau organ seksnya yang membesar akan terlihat melalui pakaian.
2) Disproporsi tubuh yang dialaminya membuat anak berfikir apakah ia akan tumbuh normal atau tidak.
3) Kecanggungan berprilaku dalam lingkungannya.
4) Penyimpangan usia kematangan sering menimbulkan perasaan kurang tepat atau malu.
5) Masturbasi atau onani akibat perkembangan seksnya, sering menyebabkan ketakutan karena informasi keliru yang diterimanya.
6) Wet dream (pada anak laki-laki) dan menstruasi pertama pada anak perempuan dapat menjadi hal traumatik apabila tidak dipersiapkan sebelumnya.
Kecemasan –kecemasan yang terjadi pada masa pubertas ini disebabkan oleh perubahan-perubahan yang dialami. Menurut Charlote Buhler menyebut masa puber ini sebagai fase negatif karena periode ini berlangsung singkat dan terjadi sifat-sifat negatif yang belum terlihat dalam masa kanak-kanak. Tetapi yang jelas perubahan- perubahan itu sangat mengacaukan, mengganggu dan membingungkan pada masa pubertas ini.




No comments:

Post a Comment