Proses dalam pendidikan kesehatan merupakan mekanisme dan interaksi yang memungkinkan terjadinya perubahan perilaku subyek belajar. Dalam proses tersebut diperlukan interaksi antara subyek belajar sebagai pusatnya dan pengajar (petugas kesehatan) metode pengajaran, alat bantu belajar dan materi belajar.
Proses pendidikan kesehatan dipengaruhi oleh faktor : materi/bahan pendidikan kesehatan, lingkungan belajar, perangkat pendidikan baikperangkat lunak maupun perangkat keras dan subyek belajar, yaitu individu, kelompok, keluarga dan masyarakat serta tenaga kesehatan/perawat. Berikut ini dijelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pendidikan kesehatan.
Materi/bahan pendidikan kesehatan merupakan materi/bahan belaar bagi subyek belajar. Materi tersebut dapat merupakan materi baru, pelengkap atau pengulangan bagi subyek belajar. Lingkungan belajar dapat berupa tatanan belajar di kelas, auditorium atau tempat lainnya, lingkungan sosial, lingkungan fisik cahaya, udara dan suara.
Tenaga kesehatan/perawat meliputi kualitas, yaitu kemampuan melakukan pendidikan kesehatan maupun kuantitas yang menyangkut jumlah maupun jenisnya. Perangkat lunak pendidikan kesehatan yang mempengaruhi proses belajar adalah kurikulum/satuan pelajaran, buku materi, leaflet, booklet, buku pedoman atau peraturan. Dilain pihak keras berupa alat bantu pengajaran/alat perangkat keras berupa alat bantu pengajaran/alat peraga/audio visual dan tempat belajar.
3) Keluaran dalam pendidikan kesehatan
Keluaran dalam pendidikan kesehatan adalah kemampuan sebagai hasil perubahan perilaku yaitu sehat dari sasaran didik.
No comments:
Post a Comment