Saturday, July 3, 2010

PATOFISIOLOGI KERACUNAN MAKANAN

Makanan yang kita konsumsi dalam keseharian bermacam-macam baik ragam maupun jenis makanan itu. Makanan yang sehat dapat dikatakan makanan yang layak untuk tubuh dan tidak menyebabkan sakit baik seketika maupun mendatang. Dalam menkonsumsi makanan perlu diperhatikan tentang kebersihan makanan, kesehatan, serta zat gizi yang terkandung di dalam makanan tersebut.Hendaknya kita harus pandai dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi supaya makanan tersebut bebas dari zat-zat yang dapat merusak tunuh seperti toksik atau racun.
Makanan yang telah terkontaminasi toksik atau zat racun sampai di lambung,lalu lambung akan mengadakan perlawanan sebagai adaptasi pertahanan diri terhadap benda atau zat asing yang masuk ke dalam lambung dengan gejala mual, lalu lambung akan berusaha membuang zat tersebut dengan cara memuntahkannya.Karena seringnya muntah maka tubuh akan mengalami dehidrasi akibat banyaknya cairan tubuh yang keluar bersama dengan mumtahan.Kerena dehidrasi yang tinggi maka lama kelamaan tubuh akan lemas dan banyak mengeluarkan keringat dingin.
Banyaknya cairan yang keluar, terjadinya dehidrasi,dan keluarnya keringat dingin akan merangsang kelenjar hipopisis anterior untuk mempertahankan homeostasis tubuh dengan terjadinya rasa haus. Apabila rasa haus tidak segera diatasi maka dehidrasi berat tidak dapat dihindari, bahkan dapat menyebabkan pingsan sampai kematian.

No comments:

Post a Comment